Teknologi Visual Effect Dunia Film dari 2D Hingga 4D


Anda termasuk orang yang kagun dengan Film Hollywood? Anda terpukau dengan grafis 3D yang HD dalam film tersebut karna sungguh nampak nyata? Di zaman sekarang, perkembangan teknologi sangatlah cepat. Perkembangan teknologi ini lah juga berimbas dengan perkembangan dalam dunia digital cinema khususnya perfilman. Perkembangan perfilman ini dapat dilihat dengan hadirnya film-film yang menyuguhkan grafis yang sungguh luar biasa.

Film-film yang menyuguhkan efek grafis yang sangat luar biasanya diantaranya Frozen, How to Train Your Dragons, Up dan yang paling fenomenal adalah Avatar. Sederetan film tersebut menghadirkan film berefek mulai dari 2D, 3D hingga yang terbaru adalah 4D. Efek grafis yang luar biasa tersebut tentu tak lepas dari teknologi. Dan berikut akan dijelaskan mengenai teknologi apa saja yang digunakan dalam pembuatan efek tersebut :

1.    Teknologi Advance Motion Capture

Contoh Teknologi Advance Motion Capture dalam film Avatar

Teknologi ini merupakankegiatan merekam gerakan. Kemudian gerakan tersebut dikonversi kedalam bentuk model gerakan digital. Hal ini dilakukan saat merekam gerakan aktor kemudian memanfaatkan file digital yang dihasilkan sehingga dapat menggerakkan model karakter yang sudah dibuat didalam aplikasi animasi 3D. Dalam proses ini, gerakan yang mampu direkam diantaranya adalah gerakan gerakan wajah, jari tangan dan ekspresi. Hasil perekaman gerakan tersebut dapat sangat halus dan menyatu tergantung kelengkapan alat perekamnya.

2.    Teknologi Computer Generated Imagery 

Contoh penerapan teknologi CGI dalam menghidupkan sosok Paul Walkers

Teknologi CGI ini sering digunakan untuk efek visual komputer karena efek hasilnya mudah dikontrol dan juga lebih berdasarkan proses fisik, seperti pembuatan miniatur  atau efek  membuat banyak prajurit dalam film perang tanpa perlu melibatkan banyak orang. Penerapan teknologi ini salah satunya dalam pembuatan Fast & Furious 7 untuk menghidupkan sosok Paul Walker yang telah meninggal. Sosok Paul Walker bisa dihidupkan kembali dengan memanfaatkan teknologi CGI ini. Teknologi CGI ini dapat dibuat dalam bentuk 2D atau 3D sesuai kebutuhan.

3.    Teknologi  Fusion 3D Camera

Selain teknologi komputer untuk membuat grafis 3D, dibutuhkan juga kamera canggih salah satunya adalah Fusion 3D Camera. Fusion 3D Camera ini artinya sih hanya Fusion Camera, namun teknologi 3D Fusion Camera mampu menangkap adegan dengan kualitas gambar beresolusi tinggi, tapi juga format 3D makin detil.

Berikut adalah gallery contoh penerapan teknlogi diatas dalam dunia perfilman:




The Walking Dead

The Avengers


Life Of Pi

Batman The Dark Knight

Gravity

Komentar