Analisis Web

Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web Dalam analisis web, terdapat menjadi 3, yaitu:
  1. Web Topologi

     Web adalah layanan yang digunakan user untuk terhubung ke internet. Selain itu, menyediakan berbagai informasi (baik berguna/tidak, yang serius hingga komersial). Sedanggkan website atau situs merupakan kumpulan halaman terkait yang terdiri dari teks, suara, video dan lainya untuk menyajikan informasi tersebut

    Setelah mengetahui definisi web dan website, maka saya akan membahas mengenai Metodologi Analis Web. Metodologi sendiri berrarti cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sedangkan di awal, sudah diketahui pengertian dari analisis web. Sehingga, Metodologi Analisis Web adalah cara yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah web dengan melakukan pengumpulan serta pengukuran data pada internet.

    Dalam web topologi, seringkali dijumpai peristiwa Efek Slashdot, juga dikenal sebagai slashdotting. Slashdoting adalah peristiwa peningkatan permintaan yang sangat besar dalam lalu lintas yang kecil. Sehingga menyebabkan situs menjadi lamban. Contoh nyatanya bisa ditemui di situs seperti Slashdot, Digg, Reddit, StumbleUpon dan Fark. Disitus tersebut, terdiri dari artikel yang disajikan singkat dan diskusi mengenai artikel masing-masing. Artikel yang menoarik membuat pembaca secara bersamaan menanggapi artikel tersebut. Kemudian terjadilah banjir permintaan yang besar sedangkan bandwith yang kecil tidak sanggup menampung permintaan tersebut. Istilah slashdotting ini mirip dengan istilah yang lebih umum yaitu Flash Crowd.
  2. Struktur Web

    Dalam analisis web, struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang web designer. Hal ini karena struktur web yang baik, memiliki berbagai keuntungan, diantaranya adalah:
    • •   Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
      •   Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
      •  Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
      •   Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs.

    Dan dibawah ini merupakan pembagian, jenis-jenis struktur web:
  3. Investigasi Grafik Teori

    Web dapat dilihat sebagai grafik yang memiliki node halaman dan kemudian diarahkan menuju ujung yang merupakan sebuah links. Untuk melihat penggalian informasi tentang grafik secara keseluruhan dapat menggunakan Metrik global.

    Cyber merupakan budaya yang terbentuk karena elektronisasi. Sedangkan Community adalah masyarakt. Sehingga Cyber Community adalah sekumpulan manusia yang saling berkomunikasi, bertukar informasi, menjalankan hidup melalui media elektronik.

    PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Komentar