MATEMATIKA WEB

Matematika web merupakan sebuah metode untuk memahami dasar-dasar algoritma internet dan algoritma web. Metode dalam maotematika web sendiri terbagi menjadi 5, yaitu:

1. Model Rasional

Model pertama adalah model rasional. Rasional sendiri merupakan pikiran atau pertimbangan yang logis. Hal terpenting pada model ini adalah mikro ekonomi, matematik diskrit, teori pilihan rasional dan teori permainan. Web dengan model ini tidak memiliki koordinasi terpusat, namun dapat menghasilkan perilaku yang menarik secara sistematis. Kuncinya terletak pada jaringan untuk menghubungkan sumber daya.

2. Model Information Retrieval 

IR (Information Retrieval / Menemukan kembali informasi) adalah ilmu yang mempelajari prosedur atau metode untuk menemukan kembali informasi yang tersimpan dari berbagai sumber yang dibutuhkan, cara nya dengan menggunakan index, pencarian, dan pemanggilan data kembali.
IR mempunyai peran penting, yaitu untuk:
    a. Menganalisis isi sumber informasi dan pertanyaan pengguna
    b. Mempertemukan pertanyaan pengguna dengan sumber informasi untuk mendapatkan dokumen yang relevan
Contoh IR :
    a.Searching text melalui web search engine
    Keyword yang dimasukan oleh user pada search engine, yang mana informasi yang didapatkan mengandung keterkaitan dengan yang diharapkan.
    b. IR di perpustakaan
    Perpustakaan adalah salah satu institusi pertama yang mengadopsi sistem IR untuk mendapatkan informasi, ketika kita ingin mencari buku di perpustakaan kita tinggal mencari sesuai judul atau nama pengarang buku yang kita inginkan menggunakan sistem IR ini

3. Pencarian Berbasis Struktur 

Hasil IR ini benar-benar membawa pencarian ke era web, tujuan pencarian adalah untuk mengambil kembali halaman yang relevan dengan pengguna.
Mesin pencari juga harus berusaha dengan mengindeks ulang sesering mungkin namun juga dengan menekan biaya seminim mungkin seiring pertumbuhan web. Antara satu mesin pencari dan mesin pencari lainya dapat dibandingkan dengan berbagai tolak ukur diantanya, jumlah klik pada mesin penicari tersebut, relevansi halaman yang diberikan, waktu yang dibutuhkan dan lainya.

4. Metode Matematika untuk Mendeskripsikan Struktur 

Metode matematika dan topologi web merupakan metode yang sangat praktis. Metode ini untuk memahami invariants pengalaman web. Dalam metode ini, yang ditekankan adalah ketahanan dalam menghadapi sesuatu hal yang terus menerus seperti hacker, cracker maupun kesalahan lainnya dalam jaringan fisik.

5. Metode Matematika untuk Mendeskripsikan Layanan 

Teori Petri model sistem jaringan terdistribusi diskrit, dimana web adalah contoh utama. Efek dari teori ini menambahkan gagasan dari persetujuan dengan ide dari mesin negara, dan telah disarankan sebagai sarana penting untuk memodelkan layanan Web. Proses aljabar, seperti CSP atau CCS juga dapat memodelkan pengolahan paralel. Mereka menyediakan serangkaian konstruksi untuk pemrosesan dinamis informasi dan komunikasi dari output dan input yang diminta, seperti tindakan, urutan tindakan, fungsi pilihan, proses dan metode sinkronisasi.

Komentar