Perbandingan antara HP berbasis Android VS HP berbasis IOS

Seperti yang sudah diketahui, Android dan iOS merupa sistem operasi yang tengah menjadi raksasa dikalangan smartphone. Kedua OS tersebut saling berlomba-lomba dan bersaing dalam meluncurkan inovasi terbaru agar dapat menguasai target pasar mereka. Dan berikut ini akan saya bahas mengenai pengalaman saya sendiri saat menggunakan HP berbasis Android dan HP berbasis iOS.

  1. Design Hardware
  2. Sebelum masuk dan membahas mengenai OS Android dan iOS, saya akan membahas mengenai design hardware terlebih dahulu. Design HP yang menggunakan iOS tidak memiliki banyak perubahan bahkan cenderung monoton. Hal tersebut sangat lah berbeda dengan HP yang mengadopsi OS Android. Design Hardware HP Android sangatlah variatif dari satu tipe ke tipe lainya.

  3. Segi Vendor dan Pengembang
  4. OS Android bersifat open source sedangkan iOS bersifat closed source. Kelebihan Android yang bersifat open source membuat OS tersebut dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga. Kemudahan tersebut membuat Android mengungguli iOS. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi kelemahan Android karena dapat dimanfaatkan oleh "Oknum tidak bertanggung jawab" untuk membuat error atau crash dalam OS tersebut. Sedangkan iOS yang bersifat closed source dapat dikatakan jauh lebih aman ketimbang Android.
    Dalam segi vendor, iOS hanya memiliki satu vendor. Jadi, apa bila terdapat update terbaru iOS jenis iPhone dapat menikmatinya, kecuali jika memang spesifikasi hardware nya tidak mendukung update tersebut. Sedangkan smartphone Android, terdiri dari banyak vendor seperti Xiaomi, Nexus, HTC, Samsung dan banyak lagi. Dan apabila terdapat update terbaru dari Xiaomi, smartphone merek lain tidak dapat menikmatinya. Update terbaru tersebut hanya tergantung pada vendor smartphone yang kita gunakan.

  5. Segi UI dan UX
  6. Dari sisi UI/UX, iOS jauh lebih unggul daripada Android. Design UI milik iOS selalu lebih simple dan elegant sehingga memanjakan mata penggunanya. Bahkan banyak UI Android yang menirukan design UI milik iOS. Sedangakan design UX milik iOS tidak diragukan lagi karena lebih "easy to use" dan cocok untuk awam.

  7. Teknologi Dari iOS dan Android
  8. iOS jauh lebih stabil dari pada Android. Hal ini dikarenakan karena iOS sangat eksklusif dari satu vendor sehingga pengembangan lebih terfokus. Berbeda dengan Android yang pengembangan dari banyak vendor yang membuat Android tidak stabil. Bahkan, hampir dikatakan bahwa iPhone hampir tidak pernah lag
    Berbicara tentang Teknologi yang ada pada OS tersebut, berarti berbicara juga mengenai aplikasi di dalamnya. Dalam sisi aplikasi, antara iOS dan Android mempunyai keunggulan masing-masing. Ada aplikasi yang hanya ada di iOS begitu pula sebaliknya.
    Selanjutnya mengenai teknologi smart assistant dalam iOS dan Android. Dalam iOS kita mengenal smart assistant bernama Siri. Dan dalam Android bernama Google Asisstant. iOS sudah lebih lama memiliki smart assistant ketimbang android. Namun semenjak hadirnya Google Assistant, membuat Android menggungguli iOS. Hal ini karena menurut studi yang dilakukan oleh Stone Temple mencatat Google Assistant mampu menjawab pertanyaan paling akurat dibandingkan pesaingnya

  9. Harga
  10. Dari segi harga sudah jelas bahwa Android jauh lebih unggul. Device Android jauh lebih murah dari pada iOS. Hal tersebut lah yang membuat banyak pengguna iOS berpindah ke Android dan membuat Android lebih unggul dar iOS.

Komentar